Kamis, 13 September 2012

Arti Kebebasan

Hari ini aku ingin bercerita tentang arti sebuah kebebasan.kita harus tau arti kebebasan itu.Kebebasan berasal dari suku kata bebas, kalo dari KBBI kebebasan berarti …….. Tapi menurut aku sendiri kebebasan adalah kondisi jiwa dan raga kita dimana kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan kehendak sendiri secara sadar dan tanpa paksaan dari orang lain. Sebagian orang meremehkan arti kebebasan ini terutama bagi mereka yang tidak punya apa-apa dan tidak punya siapa-siapa didunia ini. Misalkan anak jalanan yang tidak punya apa-apa dan siapa-siapa. Jadi mereka terserah mau makan apa, mau bergaul dengan siapa saja, mau makan dimanapun, mau pergi kemanapun, mau berbicara dan bertindak apa pun. Istilahnya hidup suka-suka..Aku lebih suka dengan pola hidup seperti ini. Hidup tanpa aturan baku, BEBAS SEBEBASNYA….tidak ada kerut diwajah dan beban jiwa…Aku termasuk orang seperti ini…Dari kecil sampai sekarang, keluargaku khususnya ibu dan ayah membebaskan anak2nya untuk bergaul dan melakukan apa saja tetapi bebas bertanggung jawab…Maksudnya, seluruh tindakan yang kita lakukan itu harus jelas tujuan dan kamu yakin untuk melakukannya. Aku bersyukur sekali karena telah diajarkan demokrasi di dalam keluarga walaupun kadang ada debat keluarga tetapi itu menurut ku hanya secuil pembelajaran untuk menjadi pribadi dewasa dan bertanggung jawab dengan segala tindakan yang akan kita lakukan.Thanks Mom & Dad..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar